img_head
BERITA

PN DONGGALA LAKUKAN UJI KELAYAKAN DAN KEPATUTAN VIRTUAL LEMBAGA PENYEDIA LAYANAN POSBAKUM

Des29

Konten : berita umum
Telah dibaca : 96 Kali

Layanan bantuan hukum merupakan hak setiap orang yang tersangkut perkara untuk memperoleh bantuan hukum dan negara menanggung biaya perkara bagi pencari keadilan yang tidak mampu. Hal ini dilakukan sebagai bagian daripada upaya Mahkamah Agung dan badan peradilan di bawahnya untuk memastikan agar masyarakat memperoleh akses seluas-luasnya terhadap keadilan, tak terkecuali bagi masyarakat yang kurang mampu.

Pengadilan Negeri Donggala, sebagai salah satu lembaga peradilan di bawah Mahkamah Agung, turut berkomitmen dalam pengadaan layanan tersebut. Pada hari Selasa, 29 Desember 2020, PN Donggala menyelenggarakan Uji Kelayakan dan Kepatutan secara VIRTUAL terhadap 5 (lima) LBH yang mendaftar Dalam Seleksi Lembaga Penyedia Layanan Posbakum Tahun Anggaran 2021. Uji Kelayakan dan kepatutan ini dilaksanakan sekaligus sebagai bentuk transparansi dan keterbukaan PN Donggala dalam Pengadaan Layanan Posbakum Tahun Anggaran 2021.

Ke 5 LBH tersebut masing-masing adalah LBH Kounami, LBH Celebes, LBH Donggala, LBH PBHR, dan LBH AKHI. Dalam sesi ini, Penanggung Jawab LBH mempresentasikan Profil dan Capaian Lembaganya dihadapan Tim Seleksi. Adapun Tim Seleksi dipimpin oleh Wakil Ketua PN Donggala Ibu Ni Kadek Susantiani, SH, MH, dan Anggota yang terdiri dari: 1. Andi Aulia Rahman, SH (Hakim PN Donggala), 2. Abd Kadir M. Djen (Plh. Panitera PN Donggala) dan 3. Abdulah Junaedi, SH (Panmud Hukum PN Donggala).

Dalam kesempatan wawancara tersebut, Ibu Wakil Ketua PN Donggala menanyakan komitmen para peserta seleksi untuk mematuhi segala apa yang tertuang di dalam Perma No. 1 Tahun 2014 tentang tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan. Selain itu, Wakil Ketua PN Donggala juga menegaskan tentang pentingnya Petugas Piket Posbakum memberikan layanan yang optimal secara cuma-cuma kepada para pencari keadilan yang membutuhkan bantuan hukum.

Hasil Wawancara Seleksi terbuka ini selanjutnya akan menjadi bahan pertimbangan bagi Pimpinan PN Donggala  dan Tim Seleksi untuk memilih LBH yang akan menjadi Penyedia Jasa Layanan Posbakum di PN Donggala.

  • Galeri